Cara Menggunakan Smart Object Pada Photoshop


Cara Menggunakan Smart Objek Pada Photoshop -Hari ini saya akan membahas cara menggunakan Smart Object pada Photoshop. Nah, Smart Object sendiri adalah layer yang memungkinkan kita untuk mengedit isinya tanpa harus mengubah ukuran aslinya. Karena, jika di klik dua kali pada layer tersebut, maka akan terbuka halaman kerja baru yang berisi objek dari layer tersebut.

Smart Objek adalah Layer khusus yang berisi data image dari gambar berbasis vector ataupun pixel. Bedanya Layer Smart Object dibandingkan dengan Layer biasa adalah Layer ini akan melindungi keaslian gambar atau objek hingga tidak akan mengubah konten meskipun dilakukan pengeditan pada Layer tersebut. Smart Object akan menjaga keaslian gambar dari tingkat kekontrasan, pengaturan cahaya, pixel warna dan lain sebagainya.

Saya sangat menyarankan menggunakan Adobe Photoshop CS6 biar nanti Mockup-Mockup dari saya bisa dijalankan dengan lancar. 
Jadi, jika kalian mengedit ukuran ataupun bentuk pada layer smart object (bukan di laman kerja baru) maka, ukuran aslinya (pada laman kerja baru) tidak ikut berubah. Jika masih belum paham, silakan sobat lihat pada mock up yang menggunakan smart object.

Tapi ternyata ada yang masih belum bisa nih cara untuk menggunakan smart object tersebut. Jadi saya memberikan sedikit Cara menggunakan Smart Objek Pada Photoshop berikut ini adalah caranya.

LANGKAH PERTAMA



Buka file apapun yang memiliki Smart Object, contohnya adalah Mockup. Untuk membukanya, Kamu masuk ke Menu File lalu Open atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + O  untuk lebih mempermudah.

LANGKAH KEDUA



kemudian pada panel layer kamu cari smart objectnya. Untuk contoh kali ini saya menggunakan smart object pada Mockup Custom Case iPhone X

File Mockupnya Bisa di Download : DISNI

Nah, jika sudah ketemu lalu klik dua kali pada Thumbnail layernya. Kamu tahu thumbnail kan? itu loh.. preview kecil yang ada ikon smart object (Lihat pada gambar yang saya lingkari merah).

LANGKAH KETIGA


Jika sudah di klik dua kali, maka akan terbuka sebuah dokumen baru. Nah, pada dokumen tersebut kamu masukkan desain Mentahan nya (karena contohnya adalah mockup Casing maka Masukan Mentahan Casingnya).

LANGKAH KEEMPAT


Nah pada dokumen di Langkah Ketiga tersebut kamu masukkan desain mentahan nya dengan cara pilih Menu File lalu Place. Cari file mentahan dari folder yang kamu simpan mentahannya. Sehingga akan muncul seperti gambar dibawah ini.


LANGKAH KELIMA


Jika sudah, Silahkan kamu Save Document Smart Objectnya dengan cara pilih menu File -> Save atau tekan shortcut CTRL + S.
Kalau kamu melakukan kelima langkah tersebut dengan benar, maka mockup tersebut akan berubah isinya menjadi desain kamu. 
Gimana ? mudah kan untuk cara memgunakan smart object nya ? 
Ingat loh ya, yang di klik dua kali itu thumbnail layer nya, bukan nama layer nya (nanti malah jadinya rename layer).

Berikut hasil Mockup yang udah di ganti Smart Object nya.

Sebelum Menggunakan Smart Object




Sesudah Menggunakan Smart Object


Oke sekian dulu untuk tutorial pada hari ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu bisa bertanya  melalui kolom komentar yang sudah disediakan di akhir artikel ini. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih telah membaca dan semoga artikel tersebut bermanfaat bagi kamu semua. 
Semangat!

Naka
hi...Nama saya Naka, Saya admin dari blog ini, blog tersebut saya buat untuk membagikan update tentang teknologi,tutorial dan tips.
Newest Older

Related Posts

4 comments

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter